Tuesday, June 29, 2010

~Adakah WAJIB Mentaati Pemerintah Zalim?~

Bismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah,bersyukur kehadrat Allah s.w.t diatas nikmat iman dan islam serta umur yang masih dipinjamkan kepada kita semua...Selawat dan salam keatas junjungan besar nabi Muhammad s.a.w yang mana dengan dakwah yang disampaikannya kepada kaum kerabat baginda seterusnya kepada sahabat,tabi'in,tati' tabi'in,tabi' tabi' tabi'in,ulamak,pengikut-pengikut golongan ulama' serta seluruh umat islam yang ada dimuka bumi ketika ini....

Mengenai taat kepada pemimpin...Rasullullah meriwayatkan beberapa hadis:

Hadis riwayat Hudzaifah Al-Yamani ra., ia berkata

Orang-orang banyak yang bertanya kepada Rasulullah saw. tentang kebajikan, sedangkan aku justru bertanya kepada beliau tentang kejahatan karena takut aku terjerumus melakukannya. Maka aku bertanya: Wahai Rasulullah! Sesungguhnya kami pernah mengalami zaman jahiliah dan kejahatan, lalu datanglah Allah dengan membawa kebaikan ini kepada kami. Apakah setelah kebajikan ini nanti akan ada lagi kejahatan? Beliau menjawab: Ya. Aku bertanya lagi: Apakah setelah kejahatan itu datang lagi kebajikan? Beliau menjawab: Ya, tetapi banyak kekurangan. Aku bertanya: Apakah kekurangannya? Beliau menjawab: Akan ada suatu kaum yang mengikuti selain sunahku serta memberikan petunjuk dengan selain petunjukku, di antara mereka ada yang kamu kenal juga ada yang tidak kamu kenal. Aku bertanya lagi: Apakah setelah kebajikan itu nanti akan ada lagi kejahatan? Rasulullah saw. menjawab: Ya. Kelak akan muncul para dai yang berada di muka pintu-pintu neraka Jahanam. Siapa yang menuruti panggilan mereka, akan mereka lemparkan ke dalamnya. Aku bertanya: Wahai Rasulullah, terangkanlah kepada kami sifat mereka itu! Rasulullah saw. menjawab: Baiklah. Mereka adalah kaum yang kulitnya sama dengan kita dan berbicara dengan bahasa kita. Aku bertanya: Wahai Rasulullah, apakah perintahmu jika aku mengalami hal itu? Rasulullah saw. menjawab: Tetap setialah kepada jemaah kaum muslimin dan pemimpin mereka. Aku bertanya: Kalau mereka tidak memiliki jemaah serta pemimpin? Rasulullah saw. menjawab: Maka jauhilah semua sekte-sekte yang ada itu meskipun kamu harus menggigit pangkal pohon sampai maut menjemputmu kamu tetap demikian Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 3434

Dari Ibnu Umar ra., dari Nabi Saww., beliau bersabda : Seseorang muslim

wajib mendengar dan taat

terhadap perintah yang disukainya maupun yang tidak, kecuali bila ia

diperintah mengerjakan

kemaksiatan, maka ia tidak wajib mendengar dan taat". (Hr.Bukhari dan

Muslim)

Siapapun penguasa yang memerintah kalian kepada kemaksiatan, maka

janganlah kalian mentaatinya -(Ditakhrij Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, As-Silsilah Ash-Shahihah

2324)

fikirkan...insyaAllah...

No comments: